RSI Unisma menjaga mulut dan gigi Anak di RUmah

Tips Menjaga Gigi dan Mulut Anak di Rumah

RSI Unisma Malang. Memiliki mulut dan gigi yang sehat itu sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati. Tidak hanya memudahkan anak bisa berbicara dan melumat-kan makanan. Tidak bisa kita bayangkan jika anak sakit gigi, maka asupan makanan akan berkurang dan tumbuh kembangnya juga bakal terganggu.

Maka melakukan perawatan, membersihkan gigi dan mulut secara rutin bisa mencegah munculnya plak, lapisan bakteri yang menempel pada gigi.

Pembersihan mulut biaa dimulai mulai bayi 0-1 tahun dengan membersihkan area mulut , lidah dan gusi setiap kali bayi usai minum ASI, karena mengandung gula dan bisa tidak dibersihkan akan menempel di gusi bayi. Bila sudah tumbuh gigi maka bisa menggunakan sikat gigi lembut untuk balita tanpa pasta gigi.

Pasta gigi boleh bermacam rasa untuk Balita agar suka gosok gigi namun tetap tidak boleh berlebihan, pasta cukup se-ujung kecil sikat gigi. Kenalkan anak-anak pada tenaga medis khusus gigi bukan pada saat anak sakit gigi. Tapi rutin melakukan kontrol gigi 6 bulan sekali.

Maka jika sekarang Pandemi kunjungan ke medis tidak bisa leluasa bukan berarti orangtua abai terhadap kesehatan mulut dan gigi anak, orangtua tetap harus memperhatikan kesehatan mulut dan gigi anak.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kebijakan Halal RSI Unisma