Artikel dan Berita

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

Tips Makan Sehat Saat Lebaran di Rumah

Category: Info Sehat Comments: 0

Hampir semua hidangan lebaran tinggi lemak seperti opor ayam, rendang, sampai sambal goreng ati yang identik dengan menu tradisional identik dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia. Asupan kolesterol, asam urat, gula darah, dan tekanan darah bisa naik jika tidak dikontrol. Nah #temansehat coba tips makan sehat saat lebaran berikut ini.

Tips makan sehat saat Lebaran

Walaupun kelezatannya begitu menggoda, ada bahaya kesehatan yang mengancam dari hidangan hari raya dikarenakan tinggi karbohidrat dan lemak.

Selain makanan diatas juga ada sajian makanan ringan dan minuman manis yang bisa membuat kadar gula darah diabetes melonjak. Penting untuk memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi secara teratur dan aktif bergerak.

Berikut tips lengkap merayakan Lebaran dengan cara yang lebih sehat.

1. Awali dengan makanan berserat tinggi

Mengawali lebaran bukan berarti bisa melampiaskan keinginan untuk menyantap berbagai hidangan saat lebaran. Untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih, perlu mengendalikan nafsu makan yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

Anda dapat mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti apel atau buah-buahan lain kaya air, seperti semangka, melon, atau pepaya.

2. Hindari makanan berlemak dan bersantan

Kolesterol bisa naik saat mengkonsumsi makanan yang digoreng dan penuh santan seperti seperti kuah opor, semur, dan rendang. Selain itu, mengonsumsi makanan ini secara berlebihan bisa menimbulkan mual, pusing, nyeri tukak lambung, atau nyeri perut.

Kombinasikan isi piring dengan sayuran sebagai asupan serat yang bisa membantu mengendalikan nafsu makan dan pencuci mulut dengan vitamin C seperti jeruk dapat menetralisir lemak.

Ketika sudah makan makanan tinggi lemak, hindari makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam karena akan memicu kenaikan asam lambung.

3. Makan Secara Teratur

Sebaiknya tetap menjalani pola makan teratur di hari lebaran spesial dengan tetap makan sesuai jam makan dihari biasa. Kebiasaan makan di luar jam makan justru membuat Anda makan dalam porsi besar lebih sering sehingga asupan kalori tidak terkontrol.

Anda boleh saja mencicipi kue di sela waktu makan selanjutnya. Ada baiknya snack yang dimakan mengandung serat tinggi, misalnya es buah, puding buah, atau salad buah.

4. Batasi Porsi Makan

Membatasi porsi makan saat lebaran juga cara sehat mengisi perut. Anda dapat membatasi porsi makan dengan makan porsi sedikit dan sering. Makan sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan makan dalam porsi besar dalam satu waktu.

Menggunakan piring kecil akan membantu menjaga porsi makan Anda.

5. Perbanyak Jalan Kaki

Berkeliling silaturahmi ke kerabat dekat dengan berjalan kaki merupakan momen yang tepat untuk aktif bergerak sehingga membakar kalori. Perbanyak senyum dan tertawa karena mampu merangsang keluarnya hormon endorfin, hormon yang menciptakan perasaan bahagia.

Segeralah beristirahat bila mulai kelelahan dan tidurlah yang cukup. Lebaran adalah momen yang dinantikan setelah bulan Ramadan, tetapi pastikan Anda tetap menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan selama Lebaran.

Anda bisa mencoba tips makan sehat saat lebaran diatas agar tetap menjaga kesehatan dan terhindar dari penyakit yang timbul pasca Lebaran nanti. Jika mengalami gangguan kesehatan selama lebaran Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

3/5 - (5 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *