Artikel dan Berita

tips kulit anti belang

Tips Agar Kulit Tidak Belang Saat Nonton Karnaval Agustusan

Category: Info Sehat Comments: 0

Peringatan Agustusan sudah rutin digelar masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Mengadakan lomba, karnaval dan doa bersama sering dijumpai di tiap-tiap daerah. Bagi #temansehat yang sering menyaksikan karnaval diluar rumah yuk simak tips berikut ini.

Keinginan semua wanita maupun pria yaitu mempunyai kulit yang sehat dan cerah. Bahkan jika kulit #temansehat belang akan dapat menggangu penampilan. Hal tersebut kadang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri atau minder. Nah #temansehat sebenarnya apa yang memicu terjadinya belang pada kulit?

Penyebab utama kulit belang adalah karena kulit terpapar oleh hawa yang panas dan sengatan sinar matahari yang mengandung sinar Ultraviolet. Paparan sinar matahari di daerah tropis, seperti Indonesia, sering menjadi musuh bagi orang yang khawatir dengan kondisi kulitnya. Kulit akan bereaksi mempertahankan kelembapannya secara maksimal. Namun, dampak negatif dari hal ini adalah warna kulit menjadi lebih gelap.

Berikut ini adalah klasifikasi tipe kulit berdasarkan kemampuan berpigmentasi dan risiko terbakar setelah terpapar sinar UV:

  • Tipe Kulit 1: sangat mudah terbakar, tidak berpigmentasi sama sekali.
  • Tipe Kulit 2: mudah terbakar, sulit berpigmentasi.
  • Tipe Kulit 3: terbakar ringan, berpigmentasi secara bertahap, berwarna coklat muda.
  • Tipe Kulit 4: jarang terbakar, mudah berpigmentasi, berwarna kecoklatan.
  • Tipe Kulit 5: tidak pernah terbakar, sangat mudah berpigmentasi, berwarna coklat tua dan kehitaman.
  • Tipe Kulit 3, 4, dan 5 adalah tipe kulit yang umumnya dimiliki orang Indonesia.

Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap terjadi akibat adanya melanogenesis. Ini merupakan proses pembentukan melanin pada kulit. Ini adalah proses reaksi tubuh untuk beradaptasi dan melindungi kulit dari kerusakan yang lebih parah. Warna kulit juga bisa menjadi lebih gelap karena kurangnya vitamin B12 dan asam folat.

Tips mencegah belang pada kulit

Berikut merupakan cara yang tepat mencegah kulit belang saat nonton karnaval.

Mengurangi Kontak Langsung Matahari

Gunakanlah baju dan celana panjang untuk menutupi area tubuh yang terbuka saat keluar jam 10.00 sampai dengan 15.00 saat nonton karnaval. Karena pada waktu ini paparan sinar matahari berada pada level maksimal. Kalaupun harus keluar nonton pada jam tersebut, gunakan pelindung kulit yang maksimal dan berteduh ditempat yang nyaman.

Menggunakan Sunscreen

Jika mengharuskan berada di luar rumah pada waktu sinar terik matahari untuk menonton karnaval, pastikan #temansehat sudah menggunakan sunscreen secara merata di area yang terpapar langsung. Pemilihan sunscreen berkualitas dapat membantu menjaga kulit secara maksimal.

Gunakan sunscreen 30 menit sebelum #temansehat keluar rumah, dan oleskan kembali setiap dua jam jika perlu saat kita menjalani aktivitas di luar rumah.

Gosok Badan dengan Bersih saat Mandi

Mandi dan menggosok badan dengan bersih merupakan hal yang sangat penting untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan debu yang menutupi pori-pori sisa hasil nonton karnaval. Menggosok badan saat mandi dapat mencegah terjadinya infeksi kulit di bagian-bagian tubuh tertentu.

Nah #temansehat itulah tips mencegah kulit belang saat nonton karnaval Agustusan yang langsung terkena terik matahari. Anda bisa menerapkan tips diatas untuk mencegah kulit menjadi belang.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

Dokter Spesialis Kulit & Kelamin RSI Unisma

Berikan Rating post

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *