Sehat dan Halal Bersama “Dapur Halal” RSI Unisma

RSI Unisma Malang bertekad untuk menghasilkan produk halal secara konsisten dalam rangka memenuhi kebutuhan serta mengutamakan kepuasan pelanggan melalui inovasi. RSI Unisma telah memperoleh sertifikat Dapur Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI). Hal tersebut menjadi bekal RSI Unisma untuk melayani masyarakat lebih baik.

Dapur Halal bertujuan untuk menyajikan makanan yang terjaga kehalalannya kepada masyarakat. Pelayanan ini merupakan salah satu program unggulan yang dimiliki RSI Unisma.

Untuk pencapaiannya sehingga dapat bersertifikat Dapur Halal maka RSI Unisma wajib konsisten dalam beberapa hal salah satunya adalah menjamin seluruh produk makanan dan minuman bahkan bahan-bahannya yang dikeluarkan oleh Intalasi Gizi telah disertifikasi kehalalannya oleh LPPOM MUI. Fasilitas produksi yang digunakanpun wajib terjamin bebas dari bahan babi dan turunannya dan serta bahan najis lainnya.

RSI Unisma memiliki Tim Manajemen Halal dalam rangka penyelenggaraan dan pengelolaan Rumah Sakit berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Tim Manajemen Halal sudah melalui berbagai pelatihan eksternal dan internal salah satunya dari LPOM MUI.
RSI Unisma ingin memberikan makanan yang baik dari segi kesehatan, agama, dan cita rasa sehingga dapat dengan maksimal mendukung proses penyembuhan pasien. Hal tersebut diungkap oleh Ahli Gizi RSI Unisma Nur Widyaning R.

Menurutnya, makanan adalah salah satu penunjang kesembuhan pasien. Maka harus dipastikan makanan yang dikonsumsi harus halal dan baik.

“Makanan merupakan salah satu obat untuk mendukung penyembuhan pasien. Maka makanannya harus sesuai dengan ketentuan agama,” terangnya.

Selain itu, adanya dapur halal ini merupakan salah satu syarat penting bagi berdirinya Rumah Sakit Syariah. Diharapkan pasien tidak ragu ketika mengkonsumsi makanan dan minuman di RSI Unisma karena telah dijamin kehalalannya. Dengan demikian akan meningkatkan rasa aman dan nyaman sehingga mendukung ikhtiar pengobatan yang dilakukan. (*)

artikel ini disalin dan telah terbit di https://www.timesindonesia.co.id/read/news/341533/sehat-dan-halal-bersama-dapur-halal-rsi-unisma

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *