Artikel dan Berita

Apakah BPJS Menanggung Biaya Scaling?

Category: Info Sehat Comments: 0

Scaling gigi BPJS Kesehatan (pembersihan karang gigi menggunakan BPJS) pada gingivitis akut dapat dijamin BPJS Kesehatan sesuai dengan indikasi medis dari Dokter dan tidak dijamin jika dapat atas permintaan sendiri dari peserta.

Adapun cara-cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan layanan scaling gigi dengan BPJS, yaitu:

1. Menjadi peserta BPJS Kesehatan

Untuk mendapatkan layanan scaling gigi dengan BPJS, #temansehat harus menjadi peserta BPJS Kesehatan terlebih dahulu. Apabila sudah terdaftar, pilih faskes pertama, baik puskesmas, dokter praktik perorangan, atau umum.

Nantinya, pelayanan scaling gigi akan diberikan oleh dokter gigi di faskes tingkat pertama yang didatangi. Sementara itu, apabila ingin ke dokter praktik perorangan atau umum, pastikan sudah mengisi Daftar Isian Peserta (DIP).

2. Datang ke Faskes Tingkat Pertama

Apabila sudah memiliki kepesertaan BPJS Kesehatan, #temansehat dapat langsung mendatangi faskes tingkat pertama yang dipilih. Setelah sampai di faskes pertama, lengkapi proses administrasi dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif.

Nantinya, faskes tersebut akan melakukan pengecekan kartu BPJS Kesehatan, melanjutkan pemeriksaan, dan melakukan scaling gigi yang ditanggung BPJS. Apabila membutuhkan, obat akan diberikan oleh faskes yang bersangkutan.

3. Pelayanan pada Faskes Rujukan Tingkat Lanjutan

Apabila faskes tingkat pertama tidak memadai atau membutuhkan perawatan lanjutan, #temansehat dapat merujuk ke faskes tingkat lanjutan.

Referensi : https://finance.detik.com/moneter/d-6918553/cara-scaling-gigi-pakai-bpjs-kesehatan

4.7/5 - (8 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *