Artikel dan Berita

tips persiapan sekolah

7+ Tips Persiapan Anak Menjelang Masuk ke Sekolah

Category: Info Sehat Comments: 2

Musim liburan pasca lebaran sudah hampir usai, penting bagi orang tua untuk mempersiapkan anak sebelum kembali ke sekolah. Orang tua perlu memastikan anak secara fisik, mental dan perlengkapan sekolah mereka agar proses belajar lancar.

Menjelang hari pertama anak kesekolah tidak sedikit orang tua yang masih cemas. Jangan khawatir, berikut merupakan tips yang perlu dilakukan sebelum si kecil berangkat ke sekolah:

1. Berikan Dukungan dan Semangat

Semangat dan dukungan ornag tua kepada sikecil sangat dibutuhkan menjelang hari sekolah. Tanyakan pada sikecil bahwa cemas itu normal, dan berikan arahan yang membuat anak agar lebih tenang dan bersemangat berangkat sekolah bertemu teman-temannya.

2. Mendampingi Menyiapkan Perlengkapan Sekolah

Dengan mendampingi sikecil mempersiapkan peralatan sekolah seperti buku, pensil, tas dan peralatan makan minumnya akan menjadi penyemangat sebelum ia kembali bersekolah. Selain itu anda juga tahu kesiapan anak sejauh mana untuk pergi bersekolah lagi.

3. Siapkan Seragam yang Pas dan Nyaman

Menyiapkan seragam sekolah yang pas dan nyaman merupakan langkah bagus untuk membantu persiapan anak sekolah. Tentunya mendampingi dan mempersiapkan seragam sekolah anak juga bentuk semangat dan dukungan kepada sikecil sebelum ke sekolah.

4. Membiasakan Si Kecil untuk Bangun Pagi

Tidur lebih awal dan bangun pagi akan membuat si kecil lebih leluasa mempersiapkan diri sebelum berangkat kesekolah. Pasalnya dimusim liburan si kecil kerap tidur terlalu malam dan bangun kesiangan.

5. Kurangi Waktu Bermain Gadget

Mengurangi bermain game dan menonton gadget merupakan tindakan yang tepat untuk mempersiapkan mental si kecil. Pasalnya terlalu banyak bermain gadget saat liburan membuat anak akan bosan dan jenuh di sekolah. Beberapa dokter anak menyarankan agar orang tua memberikan batas waktu bermain gadget maksimal 2 jam setiap hari.

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Memastikan Si Kecil sudah mendapat imunisasi yang dia butuhkan sesuai dengan usianya. Selain itu, Anda juga dapat memeriksakan Si Kecil ke dokter sebelum mulai bersekolah, terutama jika memiliki masalah kesehatan kronis, seperti asma.

7. Jaga Daya Tahan Tubuh

Membawakan makanan yang sehat seperti sayuran, buah dan jajanan sehat akan membuat daya tahan tubuh si kecil terjaga. Selain itu, orang tua juga dapat mencontohkan cara mencuci tangan yang benar kepada anak, dan sebisa mungkin menjauhkan mereka dari asap rokok, agar tidak mudah sakit.

8. Dampingi Si Kecil Kegiatan Non Akademis

Selain kemampuan akademis, bakat anak dalam bidang lain, seperti seni, olahraga, bahasa, atau berorganisasi, juga perlu dipupuk sejak usia sekolah. Mendampingi kegiatan diluar sekolah anak akan membuat anak lebih bersemangat.

Jika si kecil kesulitan mengikuti pelajaran, tampak cemas atau sangat gelisah untuk pergi ke sekolah, atau memiliki masalah dengan teman sekolahnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan guru pembimbing. Bila perlu, Si Kecil juga bisa diajak untuk mengikuti konseling dengan psikolog atau ke dokter spesialis anak jika mengalami kesehatan yang serius.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

5/5 - (2 votes)

Share this post

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *