Artikel dan Berita

Pemeriksaan Mikrobiologi

Pentingnya Pemeriksaan Mikrobiologi Klinik di Rumah Sakit

Category: Info Sehat Comments: 0

Pemeriksaan mikrobiologi merupakan pemeriksaan laboratorium rumah sakit yang bertujuan untuk mendeteksi penyakit akibat infeksi bakteri, virus, jamur, dan parasit lainnya.

Bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menyebabkan penyakit dengan berbagai cara, yaitu berkembang secara berlebihan, merusak jaringan tubuh secara langsung, atau menghasilkan racun pembunuh sel-sel tubuh.

Pentingnya Pemeriksaan Mikrobiologi

Pemeriksaan mikrobiologi sangat penting dalam menunjang, menegakkan diagnosis dan terapi penyakit infeksi yang ada di tubuh pasien. Oleh karena itu

Kenapa harus dilakukan pemeriksaan mikrobiologi klinik ?

  1. Untuk mengetahui penyebab pasti penyakit infeksi tersebut
  2. Untuk mengetahui apakah mikroba penyebab infeksi resisten atau tidak
  3. Menentukan antibiotik yang tepat untuk penatalaksanakan penyebab infeksi
  4. Merekomendasikan dan berkonsultasi untuk pemakaian terapi antibiotik
  5. Mengumpulkan data secara luas untuk merekomendasikan bila ada penyakit infeksi yang disebabakan oleh mikroba yang sama bahkan yang resisten

Dari keterangan diatas bisa disimpulkan bahwa pemeriksaan mikrobiologi RSI Unisma ini untuk menilai ada tidaknya dugaan terhadap infeksi bakteri atau jamur serta membiakkan dan mengidentifikasi jenis bakteri yang terdapat dalam sampel pemeriksaan yang diambil dari pasien.

Stop Resistensi dengan Periksa di Laboratorium Mikrobiologi RSI Unisma

Sekedar informasi bahwa resistensi disini adalah sikap atau tindakan yang menentang, melawan, menampik, atau menghalau suatu tekanan/perintah/anjuran yang datang dari tim kesehatan mengenai anjuran penggunaan antibiotik (obat) yang harus dipatuhi pasien agar bakteri tidak berkembang biak hingga menjadi kebal.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

4.8/5 - (19 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *