Artikel dan Berita

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Mental Terutama Saat Beraktivitas

Category: Info Sehat Comments: One Comment

Mendengarkan musik bisa menghibur dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik. Ada juga yang mengatakan bahwa musik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Musik menjadi sumber kesenangan dan kepuasan, tetapi masih ada lagi manfaat musik lainnya terkait kesehatan mental.

Musik merupakan alat merelaksasikan pikiran serta hiburan yang dapat mengubah suasana hati. Lantunan dan irama musik dapat mengurangi gejala depresi, menurunkan tekanan darah, hingga menurunkan rasa cemas yang berlebihan.

Anggapan bahwa musik memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku bukan berita baru. Jika #temansehat pernah merasa bersemangat ketika mendengar hentakan musik beraliran rock, atau tiba-tiba merasa galau ketika turut mengalunkan musik sendu, kamu dengan mudah memahami kekuatan musik untuk memengaruhi suasana hati, bahkan menginspirasi perilaku.

Musik disebut memiliki kekuatan untuk meningkatkan dan menstabilkan kesehatan fisik, mental, serta emosi seseorang. Tidak hanya sekadar menginspirasi dan menghibur saja, tetapi punya efek psikologis yang berpotensi mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Dengan kata lain, musik bisa membantu seseorang meningkatkan dan menstabilkan kesehatan mental. Rasa bahagia, motivasi, dan ketenangan bisa didapatkan ketika mendengarkan musik.

Berikut adalah daftar manfaat musik bagi kesehatan mental sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

1. Dapat Tingkatkan Daya Ingat Positif

Meskipun tergantung pada berbagai banyak faktor. Termasuk jenis musik, volume hingga kenikmatan pendengar terhadap musik, dan seberapa terlatih dan familiar pendengar itu dalam bermusik. Pada satu penelitian, pekerja modern yang naif secara musikal dapat bekerja lebih baik dan cepat ketika mendengarkan musik, mungkin karena lagu-lagu ini menimbulkan lebih banyak emosi positif tanpa mengganggu pembentukan memori.

2. Meningkatkan Motivasi

Musik juga dapat meningkatkan motivasi, terutama saat berolahraga. Biasanya, musik yang cepat akan membawa Anda bergerak cepat dan menyesuaikan apa yang kita dengar. Sebaliknya, jika kita mendengar alunan lambat, maka kinerja kita juga akan lebih tenang. Hal ini bisa dilakukan juga ketika misalnya sedang bekerja, belajar, dan sebagainya. Untuk bisa fokus ke suatu hal, musik bisa menjadi perantara dalam mengalihkan perhatian seseorang agar lebih mendalami apa yang sedang dikerjakannya.

3. Menurunkan Rasa Cemas dan Stres

Musik ternyata bisa menurunkan rasa cemas hingga stres seseorang. Akan tetapi, menurut jurnal PLoS ONE (2013), musik bukan menghilangkan stres yang dialami seseorang, tetapi bisa membuat pulih lebih dini dari kondisi negatifnya. Bahkan, sebagaimana menurut jurnal Rehabilitation Nurs (2019), orang-orang yang mengalami penyakit stroke bisa merasa lebih tenang setelah mendengarkan musik selama 60 menit.

4. Mengurangi Gejala Depresi

Daniel Leubner dan Thilo Hiterberger pernah melakukan penelitian pada 2017 mengenai efektifnya musik terhadap pengurangan gejala depresi. Seperti termuat di jurnal Front Psychol (volume 8, 2017), mendengarkan musik, khususnya genre klasik atau jazz, mampu memberikan efek positif pada orang yang mengalami depresi.

5. Mengobati Penyakit Mental

Terdapat kajian yang dilakukan oleh Mona Lisa Chanda dan kawan-kawan sebagaimana termuat di jurnal Trends In Cogitive Science (volume 17, No.4, 2013). Mereka menyatakan bahwa musik bisa memicu munculnya beberapa zat kimia yang berperan penting untuk kesehatan otak dan mental. Zat tersebut meliputi dopamin (memicu rasa bahagia), kortisol (pereduksi stres), serotonin (proteksi imun tubuh), dan oksitosin (peningkat kemampuan interaksi dengan orang lain).

6. Membantu Mengelola Rasa Sakit

Musik juga bisa membantu kamu mengelola rasa sakit. Cukup mendengarkan musik selama satu jam setiap hari bisa membantu mengurangi rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan berusaha mengatasinya dengan cara lain. Musik adalah intervensi non-invasif, aman, dan murah yang bisa dimanfaatkan orang-orang yang sedang mengalami rasa sakit, baik medis maupun psikis.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Insomnia merupakan masalah serius yang memengaruhi orang-orang tanpa memandang usia. Meski ada banyak sekali pendekatan yang membantu mengurangi dampak negatif dari penyakit ini, mendengarkan musik menjadi cara paling efektif yang bisa dicoba. Musik klasik dengan alunan yang menenangkan dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau untuk mengatasi susah tidur.

Di masa sekarang ini, berpikir positif dan menjaga kesehatan menjadi perhatian paling utama. Seseorang akan mengalami depresi hingga rasa cemas karena banyaknya tekanan dari dalam ataupun dari luar. Tekanan darah naik, denyut jantung berdetak cepat, serta tidak bisa berpikir positif merupakan gejala stres dan cemas, sehingga tubuh akan membaca tekanan tersebut sebagai ancaman. Lantunan musik tertentu dapat merangsang produksi hormon yang menjaga daya tahan tubuh seseorang. Selain untuk kesehatan mental dan psikologis, musik dapat menjadi teman pengantar tidur.

Apabila diri mulai merasa cemas dan pusing, cobalah untuk memutar lagu-lagu kesayangan beberapa menit agar pikiran tetap rileks dan santai.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

Referensi artikel :
https://www.halodoc.com/artikel/gemar-musik-ini-manfaatnya-untuk-kesehatan-mental
https://tirto.id/apa-manfaat-musik-bagi-kesehatan-mental-gaPS
https://lifestyle.sindonews.com/read/526956/155/manfaat-musik-untuk-kesehatan-mental-dan-psikologi-di-masa-pandemi-1630343320?showpage=all
https://yankes.kemkes.go.id/ Yusnia Rahmawati Andina, Amd.Kep 

5/5 - (6 votes)

Share this post

Comment (1)

  • Alviah adawiyah Reply

    Mendengarkan musik sangatlah menyenangkan, selain menambah wawasan juga dapat menyenangkan

    25/03/2024 at 6:54 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *