Artikel dan Berita

Monday Blues

Monday Blues: pengertian, Gejala, Ciri dan Cara Mengatasi

Category: Artikel, PKRS Comments: 0

Monday blues bukanlah bagian dari gangguan klinis, tetapi banyak orang yang mengalaminya. Deskripsi dan penyebab Monday Blues sangat bervariasi, tetapi individu menggambarkannya sebagai perasaan takut untuk memulai kerja diawal Minggu.

Beberapa penyebab Monday Blues termasuk ketidakpuasan kerja atau stres terkait pekerjaan, dan gejalanya cenderung mirip dengan stres. Indikator lainnya termasuk peningkatan detak jantung, sakit kepala, dan otot tegang.

Pengertian

Monday blues adalah perasaan tidak tidak nyaman mengacu pada perasaan negatif yang dimiliki seseorang menjelang awal minggu (hari Senin). Kembali ke rutinitas kerja atau sekolah terkadang bisa membuat orang merasa terpuruk.

Individu mungkin merasakan tingkat kepuasan kerja yang lebih rendah dan lebih banyak stres kerja di awal minggu kerja. Jika teman sehat merasa lemas dan tidak bersemangat saat akan beraktivitas di hari Senin, mungkin saja kamu mengalami Monday Blues.

Monday Blues akan menurunkan produktivitas bahkan berdampak buruk bagi kesehatan jika tersu dibiarkan.

Penyebab

Orang-orang mungkin mengalami Monday Blues karena mereka tidak puas dengan pekerjaan mereka. Stres kerja dan pengalaman kerja lainnya dapat memengaruhi suasana hati seseorang di hari Senin.

Perlu juga dicatat bahwa Monday blues berhubungan dengan orang-orang yang memiliki standar 5 hari kerja dalam seminggu dan 2 hari libur untuk akhir pekan.

Para ahli juga menyatakan bahwa stres pekerjaan mungkin tidak menyebabkan perasaan sedih di hari Senin, tetapi perasaan sedih di hari Senin memengaruhi cara seseorang merespons stres.

Orang-orang dengan Monday blues mendekati dan bereaksi terhadap stres pada awal minggu secara berbeda dari pada akhir minggu. Dengan semangat yang lebih rendah pada hari Senin, seseorang mungkin merespons stres lebih negatif pada hari ini daripada di akhir minggu.

Individu yang mengalami Monday blues juga biasanya lebih bahagia di akhir pekan karena mereka bebas memilih aktivitasnya. Kurangnya kendali atas jadwal mereka mungkin membuat mereka merasa sedih di awal minggu. Senin adalah hari terjauh dari Jumat dan akhir pekan, dan ini bisa membuat sebagian orang merasa down.

Penyebab Monday blues mungkin berbeda-beda, begitu pula gejalanya.

Gejala

Karena dokter belum mendefinisikan Monday blues sebagai kelainan klinis, informasi tentang gejalanya murni bersifat anekdot.

Gejala utama Senin sedih adalah suasana hati yang buruk pada Senin pagi. Orang mungkin merasa tertekan karena harus kembali bekerja atau sekolah setelah akhir pekan.

Terkadang, individu bisa merasakan gejala stres saat akhir pekan berakhir. Gejala-gejala ini mungkin termasuk:

  • otot tegang
  • sakit kepala
  • kesulitan bernapas
  • detak jantung cepat
  • peningkatan tekanan darah

Ciri-ciri

Ciri-ciri yang cukup umum ditemui pada orang yang merasakan monday blues antara lain adalah:

  • Munculnya perasaan bosan.
  • Merasa lesu.
  • Tidak bersemangat.
  • Merasa berat untuk mulai bekerja di hari Senin.
  • Bad mood.
  • Tingkat produktivitas menurun.
  • Stress.

Cara Mengatasi

Beberapa strategi untuk menangkal monday blues dapat meningkatkan suasana hati orang untuk sementara. Namun, jika perasaan takut pada hari Senin merupakan tanda ketidakbahagiaan dan ketidakpuasan yang mendalam, metode ini mungkin tidak akan bertahan lama.

Manajemen stres dapat membantu menurunkan persepsi stres kerja pada hari Senin. Teknik lain yang membantu meningkatkan suasana hati seseorang dapat membantu mengelola hari Senin yang sedih. Beberapa contoh ada di bawah ini.

1. Teknik relaksasi otot
Relaksasi progresif adalah teknik yang melibatkan kontraksi berbagai otot di tubuh dan melepaskan ketegangan. Orang juga menyebutnya relaksasi otot progresif. Individu dapat mencapai efek relaksasi dengan menegangkan dan mengendurkan otot berulang kali.

2. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan melibatkan fokus secara sengaja pada pernapasan. Orang-orang menyebut menghirup dan menghembuskan napas secara lambat dan dalam sebagai pernapasan diafragma. Dengan menghubungkan pikiran dan tubuh melalui pernapasan dalam, individu dapat merasakan efek relaksasi.

3. Memelihara jaringan sosial yang luas
Memiliki jaringan sosial yang kuat yang memberikan dukungan emosional dapat meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Jejaring sosial yang sehat dapat membantu meningkatkan harga diri, yang dapat mencegah depresi. Mereka yang memiliki jejaring sosial terbelakang lebih mungkin memiliki gejala kecemasan atau depresi.

4. Berolahraga secara teratur
Perlawanan atau latihan aerobik dapat membantu meningkatkan suasana hati dan keadaan emosi. Olahraga dapat meningkatkan suasana hati seseorang dan mengurangi suasana hati yang negatif, dan pengaruhnya dapat bertahan hingga 24 jam. Namun, ahli kesehatan tidak yakin tentang olahraga yang optimal untuk meningkatkan suasana hati, karena penelitian tidak secara konsisten menggunakan program olahraga yang sama.

Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana olahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

5. Tidur yang cukup
Kualitas tidur seseorang merupakan faktor penting dalam suasana hati mereka keesokan harinya dan secara umum. Suasana hati juga dapat memengaruhi tidur seseorang, karena masalah suasana hati dapat menyebabkan penurunan kualitas tidur dan sebaliknya. Oleh karena itu, mendapatkan kualitas tidur yang cukup dapat membantu mengurangi dampak monday blues.

Pelajari lebih lanjut tentang kebersihan tidur.

6. Konsultasi ke dokter
Jika Monday Blues menandakan ketidakbahagiaan yang lebih dalam, perhatian medis mungkin diperlukan. Kecemasan dan depresi adalah penyakit klinis yang memerlukan pengobatan dengan obat-obatan atau terapis. Tanpa pengobatan, kondisi ini dapat memburuk.

SEBUAH Studi 2018 menyarankan strategi pencegahan bunuh diri bertujuan untuk mengurangi beban dan stres di hari Senin. Dugaan ini berasal dari data yang menunjukkan frekuensi bunuh diri yang lebih tinggi di kalangan dewasa muda dan remaja di awal minggu.

7. Berkonsultasi dengan konselor karir atau akademik
Beberapa orang membutuhkan perubahan dalam pekerjaan atau studi mereka. Karir atau konselor akademik dapat membantu orang menavigasi keterampilan dan pekerjaan atau minat karier mereka. Perubahan ini dapat membantu individu mendapatkan lebih banyak kepuasan selama seminggu.

Potensi komplikasi

Studi tentang potensi komplikasi dari Monday blues masih kurang. Perasaan takut yang terus-menerus dan bersiklus dapat menjadi kronis dan menyebabkan kecemasan atau depresi, yang dapat menjadi kondisi kesehatan mental serius yang memerlukan perhatian medis.

Sebelumnya Studi 2018 melihat penyebab kematian selama periode 18 tahun di Republik Korea. Para peneliti mencatat bahwa kematian akibat bunuh diri lebih sering terjadi pada hari Senin.

Perbedaan kejadian bunuh diri pada hari Senin berkurang ketika mempertimbangkan usia orang tersebut. Untuk remaja dan mereka yang berusia 20-an, tingkat bunuh diri paling tinggi pada hari Senin, jadi efek Senin sedih mungkin lebih signifikan untuk dewasa muda dan remaja.

Ingat, ketika sudah terjadi beberapa gejala yang mengindikasi kepada stress yang parah, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat atau rumah sakit Malang RSI Unisma untuk mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

5/5 - (9 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *