Artikel dan Berita

Merawat Rambut Berhijab Agar Tidak Rontok dan Berketombe

8 Tips Merawat Rambut Berhijab Agar tidak Rontok & Berketombe

Category: Info Sehat, PKRS Comments: 0

Meskipun rambut tidak terlihat pada perempuan berhijab, bukan berarti harus mengabaikan perawatan. Rambut perempuan berhijab juga bisa menyimpan banyak permasalahan rambut. Rambut yang tertutup hijab dalam waktu lama setidaknya mengalami satu atau beberapa tanda kerusakan dalam kadar ringan hingga parah.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh perempuan berhijab adalah masalah rambut rontok. Pernah melihat rambut rontok di sisir atau saat diikat? Rambut terasa lebih gatal dari biasanya? Atau kepala sering pusing karena memakai kerudung terlalu ketat? Sebisa mungkin, sebaiknya hal-hal tersebut tidak diabaikan.

Sinyal yang menunjukkan masalah rambut seringkali muncul tanpa disangka. Rambut rontok yang semakin lama dibiarkan tak ditangani akan semakin sulit karena terlanjur berat.

Tips Merawat Rambut Wanita Berhijab

Jadi, apa salahnya kita lakukan perawatan rutin untuk mengatasi rambut rontok dan berketombe, bukankah perawatan membantu kita tampil lebih cantik dan menambah kepercayaan diri? 

Nah teman sehat RSI Unisma, berikut 8 tips merawat rambut wanita berhijab oleh dr. Sasi Purwanti, Sp. KK (Dokter Spesialis Kulit & Kelamin RSI Unisma Malang) :

  • Keramas seminggu 3 kali atau menyesuaikan dengan kondisi rambut (jika rambut cenderung berminyak, keramas bisa dilakukan setiap hari)
  • Gunakan shampoo yang mengandung bahan aktif anti ketombe, atau berbahan herbal yang mengandung mint, jeruk nipis, dan ekstrak daun teh untuk membuat kepala terasa dingin dan tidak mudah berminyak
  • Gunakan kondisioner hanya dibatang rambut, untuk mencegah timbulnya ketombe
  • Keramas menggunakan air hangat untuk membuka pori – pori, dan bilas dengan menggunakan air dingin agar pori – pori tertutup kembali
  • Pakai hijab saat rambut benar – benar kering, agar rambut tidak berbau dan tidak gatal
  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang. Gunakan ikat rambut berbahan kain atau kaos, jangan gunakan karet gelang atau penjepit berbahan plastik
  • Gunakan bahan inner dan hijab yang dapat menyerap keringat seperti katun dan kaos, sehingga sirkulasi udara dikepala terjaga dengan baik
  • Konsumsi air putih yang cukup dan makanan yang mengandung zat – zat gizi yang penting untuk pertumbuhan rambut, seperti sayur–sayuran hijau, buah–buahan, yoghurt, ikan salmon, sereal, daging ayam, telur, tiram.

Melakukan 8 langkah perawatan rambut berhijab dengan perlakukan yang sesuai jenis rambut menjadi kunci memiliki rambut yang sehat dan menjadikan rambutmu 10x lebih kuat dari kerontokan karena patah.

Teman sehat mungkin memerlukan waktu terus-menerus untuk menemukan cara yang tepat untuk rambutmu. Jika perlu, tanyakan pada ahli mengenai kesehatan rambut dan produk seperti apa yang harus dihindari agar rambut tetap sehat meski berhijab.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

5/5 - (1 vote)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *