Artikel dan Berita

Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital

Menjaga Kesehatan Mental di Era Dunia Digital

Category: Info Sehat Comments: 0

Dunia digital memberikan dampak yang cukup signifikan pada kesehatan mental manusia. Selain memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam hidup, di sisi lain teknologi juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Kesehatan mental seringkali diabaikan banyak orang padahal sangat penting untuk menjalani hidup yang bahagia dan produktif. Kesehatan mental adalah kondisi kesejahteraan psikologis seseorang yang meliputi perasaan, pikiran, dan perilaku yang sehat.

Tekanan hidup, trauma, keturunan, lingkungan, kebiasaan hidup yang tidak sehat dan juga komentar negatif di media digital merupakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Penting bagi #temansehat untuk mengetahui cara meningkatkan kesehatan mental di era digital dengan cara seperti dibawah ini:

1. Kurangi Waktu di depan Laptop / Handphone

Berolahraga atau bersosialisasi dengan teman-teman lebih baik dibanding menghabiskan waktu untuk menggunakan perangkat digital, seperti ponsel dan laptop, bisa sangat mempengaruhi kesehatan mental. Batasi penggunaan sosial media setiap harinya hanya beberapa jam.

2. Tetap terhubung secara fisik

Kamu mungkin merasa terhubung dengan orang lain melalui media sosial. Akan tetapi penting juga loh untuk mempertahankan hubungan secara fisik dengan keluarga dan teman-teman. Cobalah untuk melakukan pertemuan tatap muka, berkunjung ke rumah teman, atau menghadiri acara sosial untuk meningkatkan interaksi sosial dan membangun hubungan yang lebih kuat.

3. Buat Batasan pada Media Sosial

Media sosial dapat menjadi faktor yang signifikan dalam mempengaruhi kesehatan mental. Untuk memperbaiki hal ini, buatlah batasan pada penggunaan media sosial. Sebagai contoh, buat jadwal untuk memeriksa media sosial dan batasi waktu yang digunakan untuk mengecek dan membalas pesan. Hindari juga berbicara tentang politik dan isu-isu yang kontroversial, karena hal ini dapat memicu konflik dan membuat kita merasa stres.

4. Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kesehatan mental kita dengan merangsang produksi endorfin, hormon yang membuat kita merasa bahagia dan nyaman. Cobalah untuk berolahraga secara teratur, bahkan jika hanya dengan berjalan-jalan ringan atau berlari kecil.

5. Pertahankan Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat dapat mempengaruhi kesehatan mental. Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan minuman beralkohol. Konsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein. Asupan nutrisi yang baik dapat membantu menjaga kesehatan mental dan memberikan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

6. Berbicara dengan Ahli Kesehatan Mental

Meskipun teknologi telah menjadi bagian penting dari kehidupan, namun perlu ingat bahwa kesehatan mental juga sangat penting. Dengan menjaga keseimbangan digital, mengurangi penggunaan media sosial, dan berinteraksi.

Nah, jika kamu mulai merasa stres dan kesulitan mengatasi masalah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan mental. Kamu dapat mengunjungi dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiater) atau psikolog di rumah sakit RSI Unisma yang memiliki bantuan ahli profesional, agar masalah kesehatan mental dapat diatasi dengan baik.

Berikan Rating post

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *