Artikel dan Berita

Teknologi ESWL

Mengenal ESWL: Pemecah Batu Ginjal Tanpa Operasi

Category: Info Sehat Comments: 0

ESWL kepanjangan dari Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy adalah salah satu pilihan pengobatan batu ginjal yaitu dengan tindakan pemecahan batu ginjal tanpa tindakan pembedahan (operasi).

Bagi #temansehat yang belum familier dengan prosedur ESWL, mari simak pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Apa itu ESWL?

Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy atau ESWL adalah kumpulan gelombang kejut yang dihasilkan oleh mesin yang disebut lithotriptor.

Cara kerja ESWL adalah dengan menggunakan gelombang kejut yang difokuskan oleh sinar-X atau USG ke batu ginjal dan berjalan ke tubuh melalui kulit dan jaringan, mencapai batu di mana mereka memecahnya menjadi fragmen kecil. 

Selama beberapa minggu setelah perawatan, potongan-potongan kecil itu dikeluarkan dari tubuh dalam urine. Oleh karenanya, tindakan ESWL cocok untuk pasien yang memiliki batu ginjal dengan ukuran diameter Kurang dari 2 cm.

ESWL Tidak Dianjurkan untuk Pasien Kondisi Tertentu

Walaupun cukup efektif untuk pasien dengan batu ginjal, namun pengobatan ini tidak disarankan untuk pasien dengan kondisi tertentu seperti ibu hamil, pasien dengan tumor ginjal dan beberapa kelainan kongenital ginjal tertentu.
Konsultasikan dengan dokter anda untuk menentukan tindakan pemecahan batu ginjal yang terbaik untuk anda.

ESWL adalah Tindakan yang Dapat Berlangsung Cepat

Ketika lokasi batu ginjal pasien sudah diketahui secara jelas, prosedur ESWL dapat berlangsung lebih cepat sekitar 1 (satu) jam saja. 

Perbanyak Minum Setelah Menjalankan Prosedur ESWL

Setelah prosedur ESWL dijalankan, pasien akan dirawat selama beberapa jam sebelum diperbolehkan pulang. Keluhan atau efek samping ESWL yang mungkin timbul adalah rasa sakit saat batu ginjal keluar melalui saluran kencing. Terkadang kencing akan bewarna merah karena pecahan batu saat akan keluar melukai saluran kencing.

Maka itu, pasien yang menjalani proses pemulihan pasca ESWL disarankan banyak minum air putih untuk memperlancar pembuangan sisa-sisa batu. Jika rasa sakitnya tak tertahankan dapat mengkonsumsi obat yang sudah diresepkan atau hubungi dokter untuk mendapatkan obat tambahan.

Selain itu, tetap terapkan pola hidup sehat untuk mencegah kemungkinan mengalami batu ginjal, seperti penuhi asupan cairan setiap hari dan hindari konsumsi makanan kaya oksalat atau asam urat yang menjadi pemicu batu ginjal.

Selalu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter RSI Unisma sebelum memilih untuk menjalani pengobatan ESWL. Anda dapat mengonsultasikannya secara langsung dengan dokter spesialis urologi di RSI Unisma untuk memperoleh diagnosis dan penanganan medis secara tepat.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

5/5 - (2 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *