Mengenal ERACS RSI Unisma Malang

Mengenal ERACS, Metode CAESAR yang Minim Rasa Sakit

RSI Unisma Malang – Pada Jumat 4 Februari 2022 bertempat di ruang podcast RSI Unisma lantai 7 telah diadakan bincang sehat dengan tema Persalinan Menggunakan Metode ERACS.

ERACS adalah singkatan dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery. Ini merupakan metode melahirkan yang bisa mempersingkat masa penyembuhan usai melahirkan. Metode ERACS adalah pengembangan metode ERAS (Enhanced Recovery After Surgery) untuk mempersingkat perawatan pasca operasi bedah

“Ini merupakan sebuah metode melahirkan di mana harapannya bisa mempersingkat masa penyembuhan pasien setelah melahirkan secara sesar, Metode ini merupakan pengembangan dari metode yang sebelumnya yang dipakai pada pasien yang operasi” tutur dr. Humaira Rahma, Sp.OG

Nah apa saja kelebihan dari persalinan metode ERAC ?

Pertama masa puasa pasien bisa lebih singkat, jadi pada umumnya pasien yang tidak menggunakan metode ERAC akan mengalami puasa selama 8 jam. Namun jika menjalani operasi Caesar dengan ERACS ini cukup puasa 6 jam sebelum operasi dan masih bisa makan minum sampai dua jam sebelum operasi.

Kedua mengurangi rasa nyeri pada pasien setelah operasi CAESAR karena beberapa kombinasi obat anti nyeri yang dipakai metode ini dapat meminimalisir nyeri pada pasien sehingga pasien diharapkan lebih nyaman dan lebih rileks.

Ketiga mengurangi masa durasi rawat inap pasien setelah operasi CAESAR. Pada umumnya bisa berkurang sekitar 1 x 24 jam sampai 2 x 24 jam setelah operasi bisa langsung pulang.

Jadi untuk melakukan persalinan di RSI Unisma sudah bisa menggunakan metode ERACS ini. Jangan kawatir sakit dan nyeri berlebihan ya sobat sehat, tunggu apalagi #ayokeRSIUNISMAaja.

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kebijakan Halal RSI Unisma