Artikel dan Berita

Jajanan

Tips Sehat Memilih Jajanan untuk Anak di Sekolah

Category: Info Sehat Comments: 0

Waktu masuk sekolah sudah kembali dimulai setelah sebelumnya libur panjang untuk merayakan pergantian tahun. Para orangtua juga diharapkan bisa kembali menaruh perhatian terhadap jajanan yang dikonsumsi oleh putra dan putri nya selama berada di sekolah.

Lemahnya pengawasan orangtua terhadap berbagai jajanan yang dikonsumsi oleh putra dan putrinya selama berada di sekolah dapat meningkatkan potensi keracunan atau gangguan pencernaan pada anak yang dipengaruhi oleh bakteri dan berbagai jenis bahan makanan yang tidak aman dikonsumsi.

Tips Memilih Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS)

Untuk meminimalisir potensi keracunan dan gangguan pencernaan pada anak, berikut adalah beberapa tips memilih pangan jajanan anak sekolah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Memilih pangan yang aman, bersih dan telah dimasak dengan matang
  2. Hindari makanan dan minuman yang memiliki warna yang mencolok
  3. Membatasi konsumsi makanan cepat saji dan makanan ringan
  4. Memperbanyak makanan yang tinggi serat dan tinggi protein
  5. Cukupi kebutuhan air dengan minum air putih

Kesehatan anak kita merupakan hal yang paling utama, mereka dapat terus belajar dan bermain tanpa terhalang berbagai penyakit yang mengganggu.

Tidak lupa untuk memperhatikan waktu istirahat dan kebersihan pada anak kita agar tubuhnya dapat lebih fit dalam menjalankan aktivitas harian.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas pelayanan kesehatan RSI Unisma apabila terdapat gejala penyakit pada anak, agar bisa mendapatkan diagnosa dan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

Dokter Spesialis Anak RSI Unisma

Sumber:
https://upk.kemkes.go.id/new/tips-sehat-memilih-jajanan-untuk-anak-di-sekolah
https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/memilih-jajanan-anak-sekolah-aman-dan-sehat-ini-tips-dari-pakar-gizi-unisa-yogyakarta

4.8/5 - (5 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *