Artikel dan Berita

Manfaat Sunscreen

Manfaat Sunscreen

Category: Artikel, Info Sehat Comments: 0

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh manusia dan memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari berbagai faktor eksternal.

Salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan kulit adalah sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, mulai dari penuaan dini hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Mengapa Sinar UV Berbahaya?

Sinar matahari terdiri dari tiga jenis sinar UV: UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC biasanya diserap oleh lapisan ozon bumi dan tidak mencapai permukaan tanah.

Namun, sinar UVA dan UVB dapat menembus atmosfer dan memiliki dampak signifikan pada kulit.

  • Sinar UVA: Menembus lapisan kulit yang lebih dalam dan berkontribusi pada penuaan dini serta keriput. Sinar ini juga dapat menyebabkan kerusakan DNA dalam sel kulit, yang meningkatkan risiko kanker kulit.
  • Sinar UVB: Lebih intens dibandingkan UVA dan menyebabkan kulit terbakar. Sinar UVB juga berperan besar dalam perkembangan kanker kulit.

Manfaat Sunscreen

  1. Melindungi dari Kanker Kulit Sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh sinar UV, yang dapat mengurangi risiko kanker kulit, termasuk melanoma yang berbahaya.

  2. Mencegah Penuaan Dini Paparan sinar UV dapat menyebabkan keriput, garis halus, dan bintik-bintik penuaan. Sunscreen membantu melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan ini dengan memblokir sinar UV.

  3. Mengurangi Risiko Terbakar Matahari Sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang tepat dapat mencegah kulit terbakar matahari, yang tidak hanya menyakitkan tetapi juga dapat merusak kulit secara permanen.

  4. Menjaga Warna Kulit Merata Paparan sinar matahari yang tidak terlindungi dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau bintik-bintik gelap pada kulit. Sunscreen membantu menjaga warna kulit tetap merata dan mencegah noda-noda ini.

Cara Memilih Sunscreen yang Tepat

  1. SPF yang Tepat Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk perlindungan sehari-hari. SPF yang lebih tinggi memberikan perlindungan lebih lama terhadap sinar UVB.

  2. Broad-Spectrum Pastikan sunscreen yang Anda pilih memberikan perlindungan terhadap kedua jenis sinar UV, UVA dan UVB. Label “broad-spectrum” menunjukkan bahwa produk tersebut menawarkan perlindungan ini.

  3. Tahan Air Jika Anda beraktivitas di luar ruangan atau berenang, pilih sunscreen yang tahan air. Ini akan memastikan perlindungan tetap meskipun Anda berkeringat atau terkena air.

  4. Jenis Kulit Pilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak, pilih yang bebas minyak (oil-free). Untuk kulit sensitif, pilih yang bebas dari pewangi dan bahan kimia keras.

Cara Penggunaan yang Benar

  1. Aplikasikan Secara Merata Oleskan sunscreen secara merata ke seluruh bagian tubuh yang akan terpapar sinar matahari. Jangan lupakan area seperti telinga, leher, dan punggung tangan.

  2. Gunakan Cukup Gunakan sunscreen dalam jumlah yang cukup. Rekomendasi umum adalah sekitar satu ons (sekitar satu sendok makan) untuk seluruh tubuh.

  3. Aplikasikan Ulang Sunscreen perlu diaplikasikan ulang setiap dua jam, atau lebih sering jika Anda berenang atau berkeringat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Kesimpulan

Penggunaan sunscreen adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan kulit harian untuk melindungi dari bahaya sinar UV.

Dengan memilih dan menggunakan sunscreen yang tepat, Anda dapat mengurangi risiko kanker kulit, mencegah penuaan dini, dan menjaga kulit tetap sehat dan indah.

Jangan pernah meremehkan kekuatan perlindungan yang diberikan oleh sunscreen kulit Anda akan berterima kasih di masa depan.

Bila masih memiliki pertanyaan seputar manfaat sunscreen untuk kulit atau bingung dalam menentukan jenis sunscreen yang tepat sesuai jenis atau kondisi kulit, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter RSI Unisma.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

4/5 - (4 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *