dr kandungan RSI Unisma Malang

Ibu Hamil Wajib Tahu, Ini Jadwal Rutin Periksa Kandungan

Menjaga kesehatan saat hamil merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan. Sebab, kesehatan ibu hamil juga akan mempengaruhi kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Maka dari itu, ibu hamil perlu rutin memeriksakan kondisinya untuk menjaga bayinya agar tetap sehat. Lantas kapan waktu yang tepat?.

Dokter RSI Unisma dr Retno Sp Og memberikan penjelasan kapan waktu yang tepat untuk ibu hamil memeriksakan diri. Dikatakannya, pemeriksaan kehamilan merupakan amanah yang harus dilakukan ibu hamil. Dengan pemeriksaan rutin akan memudahkan dalam pemantauan kondisi ibu dan janin yang dikandungnya. Sehingga, bilamana terdapat sebuah keluhan atau masalah terkait kandungan bisa segera ditangani.

“Minimal seorang ibu hamil memeriksakan diri 4 kali selama kehamilannya,” jelas dokter spesialis kandungan ini melalui kanal YouTube RSI Unisma.

Lebih lanjut dijelaskannya, 4 kali pemeriksaan selama kehamilan itu terbagi dalam beberapa waktu. Pertama, pemeriksaan dilakukan satu kali pada tri semester satu kehamilan. Kemudian, pada pemeriksaan kedua dilakukan pada tri semester kedua kehamilan.

“Setelah itu dua kali pada tri semester ketiga,” tegasnya.

Terlepas dari itu, dikatakan dr Retno, akan lebih baik jika seorang ibu hamil memeriksakan diri secara rutin setiap bulannya. Retno menjelaskan, setelah mengetahui kehamilan melalui alat tes kehamilan, seorang ibu hamil sebaiknya melakukan USG pada awal kehamilan. Hal ini dilakukan untuk benar-benar memastikan kehamilan.

“Ini juga untuk memastikan usia kehamilan dengan tepat,” tuturnya.

Pemeriksaan kedua pada kehamilan bertujuan untuk mendeteksi apakah terdapat kelainan pada janin sedini mungkin. Pada pemeriksaan tri semester ketiga adalah untuk memastikan posisi janin dalam kandungan. Selain itu, pada pemeriksaan ini juga untuk menentukan kesejahteraan dari janin.

“Ini bertujuan untuk (menentukan langkah) proses persalinan nanti. Makanya itu, jangan menunda untuk memeriksakan diri,” pungkasnya.

artikel ini sudah terbit di malangtimes.com

Bagikan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kebijakan Halal RSI Unisma