Artikel dan Berita

Gejala Hepatitis A

Yuk Waspada Gejala Hepatitis A Sekitar Kita

Category: Info Sehat Comments: One Comment

Hepatitis A merupakan penyakit yang ditularkan melalui kotoran/tinja penderita yang kemudian menular melalui makanan yang terkontaminasi sehingga virus masuk ke saluran pencernaan. Hepatitis A adalah penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A.

Gejala hepatitis A biasanya mual, muntah, demam. Kelelahan, nyeri perut, hilang nafsu makan, hingga nyeri sendi. Usia lansia rawan terserang penyakit hepatitis A ini biasanya mengalami komplikasi yang parah. Jika sudah terserang penyakit ini akan memakan waktu inkubasi selama 2-6 minggu.

Penularan virus hepatitis A melalui fecal oral atau virus yang terdapat pada tinja. Virus ini masuk melalui saluran pencernaan dengan perantara makanan atau minuman yang terkontaminasi. Penyebab hepatitis A sering dikaitkan dengan kebiasaan hidup yang tidak sehat dan kebersihan yang tidak terjaga.

Dalam sebagian besar kasus, infeksi hepatitis A tidak separah hepatitis B atau C. Maka dari itu, infeksi hepatitis A tidak menyebabkan kanker hati dan dapat disembuhkan sepenuhnya.

Gejala awal infeksi hepatitis A diawali dengan rasa mual dan tidak semua penderita mengalami gejala tersebut. Sebagian besar gejala hepatitis A berhubungan dengan usia penderita, sehingga pada orang dewasa menunjukkan gejala yang dapat dikenali dengan mudah.

Namun sebaliknya, gejala-gejala infeksi sulit ditemukan pada anak-anak. Biasanya gejala akan berakhir kurang dari 2 bulan, meskipun pada sebagian penderita ada yang berlangsung hingga 6 bulan.

Kelelahan pada sendi tubuh, demam, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, hingga menguningnya kulit dan bagian putih mata (ikterik), warna air kencing yang gelap, kotoran BAB yang berwarna terang atau mirip tanah liat.

Beberapa gejala yang ada tersebut tidak selalu muncul dan dirasakan pada penderita satu dengan penderita yang lainnya. Oleh karena itu, masih diperlukan tes laboratorium darah untuk memastikan diagnosa penyakit hepatitis A.

Perjalanan penyakit hepatitis A terbagi dalam 3 stadium yaitu stadium pendahuluan (prodromal) dengan gejala seperti mudah lelah, demam, kehilangan nafsu makan, dan mual; stadium dengan gejala kuning (ikterik); dan stadium penyembuhan (konvalesensi) yang membutuhkan waktu lama. Masa penyembuhan dapat dipercepat dengan istirahat yang cukup dan menyesuaikan konsumsi pola makan.

Ada beberapa cara pencegahan agar terhindar dari hepatitis A antara lain dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat diantaranya :

  • Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir;
  • Memperhatikan kebersihan alat makan yang akan digunakan
  • Mencuci bahan makanan hingga bersih
  • Memasak makanan hingga matang
  • Melakukan vaksinasi hepatitis A untuk pencegahan penyakit.

Ingat, ketika sudah terjadi beberapa gejala yang mengindikasi penyakit Hepatitis A seperti diatas, segera periksakan diri ke rumah sakit Malang RSI Unisma untuk mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

5/5 - (1 vote)

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *