Artikel dan Berita

Ekakardiografi-DC-40

Kemampuan Istimewa Ekokardiografi dengan DC-40 di RSI Unisma

Category: Info Sehat Comments: 0

Ekokardiografi adalah tindakan medis berupa pemeriksaan jantung (kondisi serta struktur jantung, mulai dari bilik, katup, otot, hingga pembuluh darahnya) yang menggunakan gelombang suara (frekuensi tinggi atau ultrasound).

Pemeriksaan ekokardiografi sering kali digunakan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit jantung. Setelah dilakukan ekokardiografi, dokter kemudian dapat melanjutkan tindakan medis lainnya, seperti pengobatan, prediksi prognosis, dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan pelayanan yang lebih prima, layanan poli jantung RSI Unisma Malang memiliki Ultrasonoghrapy (USG) Mindray type DC-40, oleh dokter jantung USG tersebut digunakan untuk Ekokardiografi terhadap pasien poli jantung yang memerlukan pemeriksaan lebih mendalam dan detail.

Kelebihan Ultrasonoghrapy (USG) Mindray type DC-40

Ultrasonoghrapy (USG) Mindray type DC-40 terdapat berbagai kelebihan diantaranya:

  • USG yang dilengkapi berbagai fitur 3D/4D Flip & Sync yang memberikan tampilan volume gambar secara cepat dan mudah dari arah mana saja.
  • iLive pada USG Mindray DC-40 dapat menghasilkan efek visual yang begitu nyata misalnya pengaturan bayangan interaktif, pemencaran kulit, dan gambar yang menyerupai kulit manusia.
  • Dilengkapi dengan layar sentuh 10,4” dengan sudut yang bisa disesuaikan
  • Mempunyai 4 soket transduser aktif, fungsi tranduser untuk mendeteksi organ dalam tubuh menggunakan tenaga ultrasound sehingga struktur organ tubuh pasien dapat terlihat jelas di monitor

Tanpa penanganan dan pengobatan yang tepat, penyakit jantung dapat berdampak fatal pada penderitanya. Penyakit jantung masih menjadi penyakit yang paling mematikan di dunia. Posisinya sebagai pembunuh nomor satu di dunia tak tergoyahkan dari tahun ke tahun. Ini membuktikan betapa seriusnya penyakit ini.

Ekokardiografi RSI Unisma

Ekokardiografi (memakai Ultrasonoghrapy (USG) Mindray type DC-40) merupakan prosedur yang bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi jantung seseorang sejak dini.

Ekokardiografi bermanfaat bagi penderita penyakit jantung atau ketika ada gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung. Gambar atau ekokardiogram akan diteliti dokter untuk mengetahui kondisi struktur dan fungsi jantung.

Informasi yang muncul dari ekokardiogram antara lain:

  • Gumpalan darah di bilik jantung
  • Cairan di kantung sekitar jantung
  • Masalah pada aorta atau pembuluh darah yang terhubung ke jantung
  • Masalah pada fungsi pompa jantung
  • Masalah pada fungsi katup jantung
  • Tekanan pada jantung

Ekokardiografi juga menjadi kunci untuk menentukan kondisi otot jantung, terutama setelah seseorang terkena serangan jantung. Penyakit jantung bawaan pada bayi juga bisa terdeteksi dari prosedur ini.

Ingat, ketika sudah terjadi beberapa gejala yang mengindikasi penyakit jantung seperti diatas, segera periksakan diri ke dokter rumah sakit Malang RSI Unisma untuk penanganan dini yang lebih tepat guna mencegah berbagai komplikasi yang terjadi.

Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

4.6/5 - (8 votes)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *