Artikel dan Berita

Dokter Kandungan Malang RSI Unisma

Dokter Spesialis Kandungan (OBGYN) RSI Unisma Malang

Category: Poliklinik Comments: 2

Dokter kandungan Malang dikenal juga Obstetri dan Ginekologi atau Obgyn serta dokter spesialis kandungan adalah seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam kesehatan reproduksi wanita, termasuk menstruasi, kehamilan, persalinan, dan menopause.

Dokter yang menyandang gelar SpOG ini, tak hanya sekadar memeriksa dan mengatasi gangguan pada kehamilan saja, tetapi juga seputar kesehatan organ reproduksi wanita.

Apa itu Dokter Kandungan

Dokter kandungan merupakan dokter spesialis yang memiliki kewenangan menangani kehamilan dan persalinan normal maupun yang berisiko tinggi atau mengalami komplikasi, sedangkan bidan hanya menangani kehamilan normal tanpa adanya gangguan atau risiko terjadinya komplikasi berat.

Dokter kandungan mendapat gelar SpOG, yang merupakan kependekan dari Spesialis Obstetri dan Ginekologi. Spesialis Obstetri-Ginekologi Konsultan – SpOG(K) – merupakan dokter spesialis II, sebagai pengembangan lebih lanjut dari dokter spesialis I (SpOG). Istilah Konsultan masih menimbulkan perdebatan. Ada yang memakai istilah Sub-spesialis, bahkan ada yang memakai istilah Super-spesialis.

Memilih Dokter Kandungan yang Tepat

Sementara pada ibu hamil, pemeriksaan rutin selama kehamilan sangatlah penting untuk dilakukan untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan janin. Hal yang penting dilakukan terlebih saat wanita menjalani masa kehamilan adalah tepat memilih dokter kandungan. 

Jika teman sehat bingung atau membutuhkan saran dalam memilih dokter kandungan, coba perhatikan beberapa tips berikut :

Sesuaikan Kebutuhan

Setiap dokter kandungan di Malang cenderung memiliki spesifikasi bidang masing-masing. mencari referensi merupakan cara yang cocok untuk memilih dokter yang tepat sesuai kebutuhan. Dokter kandungan RSI Unisma merupakan dokter spesialis yang cocok dengan segala kebutuhan keperluan kehamilan yang anda butuhkan.

Lokasi Dokter Terdekat

Penting juga untuk memastikan bahwa lokasi praktek dokter dekat atau mudah dijangkau di wilayah Malang raya. Dengan memilih dokter spesialis kandungan di Malang terdekat dengan lokasi Anda akan lebih mempercepat dokter bisa segera memberi pertolongan ketika dibutuhkan.

Riwayat Kesehatan

Terbuka pada pendamping kehamilan, termasuk soal riwayat kesehatan calon ibu merupakan hal paling penting untuk disampaikan. Sampaikan riwayat penyakit yang dimiliki kepada dokter kandungan pilihan Anda. Hal ini bisa membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi saat persalinan karena kondisi tubuh sudah dikontrol dengan dari persiapan kehamilan hingga masa persalinan.

Sesuaikan dengan Kenyamanan dan Kemampuan

Biaya merupakan salah satu faktor pertimbangan saat memilih dokter kandungan. Dengan memilih dokter kandungan Malang yang bagus dan biaya terjangkau akan lebih membantu teman sehat dalam mempersiapkan persalinan yang tepat. Dokter kandungan RSI Unisma menerima pasien BPJS Kesehatan dengan biaya gratis.

Dengan menyesuaikan kebutuhan ekonomi akan membuat kenyamanan bagi bumil, buah hati dan keluarga. 

Kapan harus datang ke Dokter Kandungan

Guna menjaga kesehatan reproduksi dan mencegah gangguan yang dapat terjadi, wanita hami atau sedang melakukan program hamil dan juga wanita sehat juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin 1–5 tahun sekali.

Pemeriksaan kesehatan terutama pada wanita yang berusia di atas 21 tahun dan telah berhubungan seksual secara aktif ini juga penting dilakukan. Selain itu, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan jika mengalami perubahan pada siklus menstruasi, menjelang menopause, atau memantau kondisi janin dan kehamilan.

Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika memiliki beberapa gejala terkait organ kewanitaan, yaitu perubahan volume atau frekuensi pada siklus menstruasi, kram perut yang tidak biasa, dan nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual.

Dengan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis obgyn (obstetri dan ginekologi), Anda diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan mengenai pentingnya kesehatan organ reproduksi serta kesehatan kehamilan dan janin dalam kandungan. Jangan tunda berobat #AyokeRSIUNISMAaja

Dokter Kandungan (OBGYN) RSI Unisma

4.1/5 - (72 votes)

Share this post

Comments (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *