Artikel dan Berita

Cegah Stunting dengan lele

Cegah Stunting dengan Konsumsi Ikan Lele

Category: Info Sehat, PKRS Comments: One Comment

Baru-baru ini BKKBN mengeluarkan statement bahwa “Cegah Stunting lebih ampuh pakai ikan lele daripada daging sapi”. Hal ini ditinjau dari harga daging sapi yang jauh lebih mahal dibandingkan ikan.

Jika ditinjau dari segi gizi, sebenarnya ada kandungan zat gizi apa saja yang didalam ikan lele? simak penjelasan berikut ini :

Ikan lele merupakan ikan yang sudah familiar di masyarakat. Salah satu kelebihannya adalah rasanya enak dan kandungan gizinya cukup tinggi serta memiliki harga lebih murah dibandingkan sumber protein hewani lainnya.

Kandungan zat gizi ikan lele jika dibandingan dengan sumber protein hewani lainnya adalah kaya akan leusin dan lisin. Leusin diperlukan untuk pertumbuhan anak dan pembentukan protein otot sedangkan Lisin sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Menurut Astawan (2023), kedua asam amino ini sangat dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada anak dengan stunting terjadi kegagalan tumbuh kembanga secara optimal yang disebabkan salah satunya adalah rendahnya kasus terhadap makanan dari segi jumlah dan kualitas gizi.

Pemberian ikan lele pada anak stunting bisa membantu meningkatkan kualitas gizi makanan yang diberikan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Sumber Artikel :

Astawan, M. 2023. lele bantu pertumbuhan janin. http://wilystra2007. multiply.com/journal/item/62/Lele_Bantu_Pertumbuhan_Janin (28 feb 2023)

Berikan Rating post

Share this post

Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *